home Others 3 Metode Pengumpulan Data untuk Penelitian

3 Metode Pengumpulan Data untuk Penelitian

Jika sebelumnya Anda mempelajari mengenai  apa itu videographer, maka kali ini Anda akan mengenal metode untuk pengumpulan data. Metode tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan data yang Anda perlukan apalagi untuk penelitian dalam jangka panjang. Jenis metode tersebut yaitu:

  1.       Angket

Cara paling mudah untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan angket. Dikenal juga dengan nama kuesioner, teknik atau metode ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan atau pernyataan ke orang tertentu. Tujuannya adalah untuk mengetahui respon sesuai dengan apa yang ditanyakan.

Terlihat sangat mudah, namun, cara atau metode ini cukup susah. Terutama jika diberikan ke orang yangs ama sekali tidak tahu mengenai produk atau hal yang bersangkutan sesuai di kuesioner tersebut.  Dalam penulisan angket, ada prinsip yang menyangkut mengenai beberapa faktor yaitu:

  • Isi dan tujuan untuk mengukur skala yang jelas.
  • Bahasa yang dipergunakan yang harus disesuaikan dengan standar dan kemampuan dari responden.
  • Tipe dan bentuk pertanyaan. Apakah pertanyaan tersebut bersifat terbuka atau bebas, ataupun termasuk jenis tertutup yang membuat responden harus menjawab sesuai dengan pilihan jawaban yang ada.
  1.       Observasi

Metode pengumpulan data dengan cara observasi tidak hanya dipergunakan untuk mengukur sikap dari responden namun juga melihat kejadian atau keadaan yang terjadi.  dengan teknik ini, Anda bisa mempelajari hal-hal tertentu, misalnya gejala, perilaku, proses yang dilakukan oleh responden.

Ada 2 jenis dari observasi yaitu:

  • Participant observation: teknik observasi dengan meneliti secara langsung responden yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya mengenai perilaku siswa sebelum ujian.
  • Non participant observation yang merupakan observasi dimana penelitinya tidak ikut serta secara langsung saat observasi dilakukan. Dengan teknik ini, peneliti hanya akan menjadi pengamat dan tidak ada interaksi secara langsung pada responden.
  1.       Wawancara

Jenis metode pengambilan data untuk penelitian ini dilakukan secara langsung dengan tatap muka atau Tanya jawab secara langsung ke narasumber. Sebagai peneliti, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu pertanyaan yang akan dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa langsung menanyakannya ke narasumber.

wawancara
metode wawancara

Wawancara itu sendiri memiliki 2 jenis yaitu:

  • Terstruktur: wawancara jenis ini berarti peneliti sudah mengetahui informasi yang ingin digali dari narasumber atau responden. Dengan begitu, daftar pertanyaan akan dibuat secara sistematis. Untuk pencatatannya, biasanya dilakukan dengan tape recorder, kamera untuk merekam.
  • Tidak terstruktur: jenis wawancara ini adalah wawancara bebas. Artinya sebagai peneliti Anda tidak menggunakan pedoman apapun untuk pertanyaan yang akan ditanyakan. Jadi, Anda hanya membuat poin penting yang nantinya akan ditanyakan dan digali dari nara sumber.

Itulah metode penelitian untuk mendapatkan data sesuai dengan yang Anda inginkan.  Anda bisa menggunakan semua jenis metode atau salah satunya sesuai dengan kebutuhan Anda.