home Design Apa Itu Arsitek Menurut Para Ahli dan Tugasnya

Apa Itu Arsitek Menurut Para Ahli dan Tugasnya

Apakah anda sering mendengar kata arsitek? Tentu saja kata ini sudah tidak asing lagi bagi kita bukan? Seringkali mendengar kata arsitek, apakah anda tahu arti sesungguhnya dari arsitek? Mungkin yang kita pikirkan ketika mendengar kata arsitek adalah orang yang memiliki pekerjaan untuk membuat jasa desain rumah. Ya memang benar, arsitek adalah orang yang memiliki tugas untuk membuat desain dari sebuah bangunan dengan memperhatikan beberapa aspek. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda mengenai apa itu arsitek. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Definisi dari arsitek

Mungkin anda sudah sering ya mendengar arsitek, arsitek merupakan salah satu jenis profesi yang diminati banyak orang. Kita tahu bahwa seorang arsitek ini bergelut dengan jasa desain rumah. Menurut NCARB (National Council of Architectural Registration Boards) arsitek merupakan seseorang yang mempunyai lisensi dan profesional di dalam bidang seni dan juga ilmu pengetahuan. Seorang arsitek yang handal harus memahami desain dan juga konstruksi bangunan yang pada umumnya terkait dengan bangunan untuk tempat tinggal.

Tugas Arsitek

Setelah tahu definisi dari arsitek, kami akan mengajak anda juga untuk tahu apa sih tugas dari seorang arsitek? Karena ternyata cakupan tugas atau tanggung jawab dari seorang arsitek sendiri cukup luas ya tidak hanya terbatas membuat desain bangunan saja. Berikut merupakan beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang arsitek:

  • Membuat konsep rancangan bangunan

Tugas pertama dari seorang arsitek adalah membuat konsep rancangan bangunan. Di tahap ini, sebagai seorang arsitek harus memastikan bahwa semua infromasi dan data bisa mereka dapatkan dari pengguna untuk memenuhi kebutuhan dan syarat pembangunan. Setelahnya arsitek akan membuat analisis untuk membuat proses konsep rancangan bangunan.

  • Membuat gambar kerja

Setelah mendapatkan informasi dan membuat rancangan perkiraan megnenai berapa luas bangunan, kemudian struktur bahan bangunan, sampai perkiraan biaya konstruksi maka selanjutnya arsitek akan membuat gambar kerja dengan uraian ygn detail.

  • Mengawasi proyek pembangunan secara berkala

Lalu tugas dan tanggung jawab dari arsitek yang selanjutnya adalah mengawasi proyek pembangunan secara berkala. Seorang arsitek juga mengadakan pertemuan yang rutin dengan klien untuk melaporkan proses pembangunan. Untuk proses pengawasan proyek sendiri bbisaanya dilakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu selama proses pembangunan berlangsung.

Jika anda membutuhkan jasa desain rumah maka anda harus memilih arsitek yang handal serta profesional, sehingga konsep apa yang anda inginkan di dalam bangunan anda bisa terwujud sesuai dengan ekspetasi anda. Kami sarankan sebelum anda memilih jasa arsitek, maka anda lebih dulu melakukan riset kecil-kecilan sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dan tidak kecewa di akhir karena seperti yang kita tahu bahwa untuk membuat desain bangunan menggunakan jasa arsitek itu harganya tidak murah. Jadi pastikan anda memilih yang profesional ya!