home Design Apa itu Arsitektur Vernakular dan Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Arsitektur Vernakular dan Penjelasan Lengkapnya

 Membahas mengenai arsitek maka tidak akan ada habisnya, ada banyak sekali jenis arsitektur yang tersebar di dunia. Selain itu jenis arsitektur tentu saja juga akan dipengaruhi oleh kebudayaan dari suatu tempat. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk membahas mengenai salah satu jenis arsitektur yang ada di dunia yaitu apa itu arsitektur vernakular. Kami juga akan menjelaskannya dengan lengkap sehingga anda bisa mengetahui mengenai arsitek yang satu ini. Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

Pengertian arsitektur vernakular

Mungkin masih banyak dari anda yang belum pernah mendengar jenis arsitektur yang satu ini. Jadi pada poin kali ini kami akan menjelaskannya kepada anda mengenai arsitektur vernakular. Arsitektur vernakular merupakan gaya arsitektur yang dibuat atau dirancang berdasar dari kebutuhan lokal, mencerminkan tradisi lokal, dan juga dengan memperhatikan bahan material bangunan yang ada. Selain itu arsitektur vernakular ini merupakan arsitek yang mempelajari struktur yang dibuat sendiri oleh masyarakat lokal tanpa intervensi yang berasal dari arsitek yang sudah profesional. Sejak akhir abad ke 19 banyak arsitek yang sudah profesional yang menggunakan gaya arsitek ini untuk membangun proyek mereka.

Hal yang harus diperhatikan dalam arsitektur vernakular

Setelah membahas mengenai apa itu arsitektur vernakular, kami juga akan memberikan informasi kepada anda mengenai aspek apa yang diperhatikan dari jenis arsitektur yang satu ini. Yaitu pertama tentu saja memperhatikan lingkungan serta material dari bangunan, suasana dari lingkungan dimana bangunan akan berdiri akan memberikan aspek tersendiri. Yang biasanya dekat dengan banyak pohon maka akan memanfaatkan kayu sebagai bahan bangunan, yang ekat dengan lumpur dan batu, maka biasanya tidak menggunakan kayu. Selain itu arsitektur vernakular ini juga memperhatikan iklim, iklim ini akan sangat mempengaruhi tempat dimana arsitektur itu akan dibangun. Bangunan yang berada di iklim dingin akan lebih tertutup dan jendelanya memiliki ukuran yang kecil. Sedangkan untuk tempat yang memiliki iklim yang hangat akan menggunakan material dengan bahan ringan dan ukuran jendela atau ventilasi yang besar.

Bangunan dari arsitektur vernakular ini juga memperhatikan budayanya, melihat budaya sekitar dimana bangunan itu berada dan juga akan memperhatikan berapa jumlah anggota keluarga dan pertimbangan budaya yang nantinya akan mempengaruhi tata letak dari ukuran tempat tinggal.

Itulah yang bisa kami sampaikan kepada anda semua mengenai apa itu arsitektur vernakular. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis dari arsitektur yang ada di dunia. Kami akan membahas lebih lengkapnya di lain kesempatan. Semoga informasi yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda semuanya yang sedang ingin tahu mengenai arsitektur vernakular. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya yang sedang mencari arsitektur dengan gaya ini semoga bisa anda jadikan sebagi inspirasi ya!