home Others Apa Itu Videografer?

Apa Itu Videografer?

Karier sebagai videografer belakangan ini tengah menanjak dan cukup digandrungi oleh masyarakat. Tren video menjadi pilihan utama untuk mendapatkan perhatian masyarakat membuat profesi ini menjadi salah satu yang paling diburu oleh perusahaan. Berikut adalah penjelasan mengenai profesi yang sedang hype satu ini.

Apa Itu Videografer?

Videografer adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk merekam atau membuat produksi video. Berdasarkan jenisnya, mereka dibagi menjadi 2, yakni videografer in-house, atau yang membuat video untuk perusahaannya sendiri. Ada pula videografer agensi atau mereka yang membuat untuk pihak luar.

In-house bertanggung jawab untuk mengerjakan video, entah itu untuk marketing hingga company profile. Sementara itu, agensi bertanggung jawab atas semua permintaan klien, mulai dari korporasi hingga video pernikahan.

Peran ini juga terbagi menjadi dua, yakni videografer atau orang-orang yang bekerja di bawah naungan sebuah perusahaan media, TV atau media online. Ada juga sinematografer, atau orang-orang yang bekerja di bawah perusahaan sinema, seperti film dan iklan.

Tugas dan Job Desc Videografer

Secara umum ada tiga tugas videografer, yakni pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tiga tugas ini harus dilakukan secara berurutan agar tidak terjadi kesalahan. Berikut penjabaran dari masing-masing tugas.

Praproduksi

Proses praproduksi untuk videografer dimulai dari membantu sutradara dan penulis skenario menjabarkan storyboard. Videografer berkepentingan di bagian ini karena akan berhubungan dengan waktu dan budget yang akan dikeluarkan. Setelah menjabarkan storyboard, videografer akan langsung mengecek persiapan teknis. Mulai dari kamera yang digunakan, lensa yang dipasang, tata cahaya, hingga mikrofon untuk para pemeran.

Produksi

Pada proses ini, videografer akan berhubungan dengan sutradara. Secara umum, ia bertugas untuk mengambil video. Namun, dalam beberapa hal yang lain, ia juga harus memastikan agar suara yang ditangkap jernih dan tidak ada noise.

Pascaproduksi

Tugas terberat untuk seseorang di posisi ini mungkin saat pascaproduksi. Hal pertama yang mereka lakukan di proses ini adalah mengumpulkan semua video dan melakukan pencatatan untuk keperluan editing. Di sini, mereka mempunya peran layaknya editor video.

Videografer memiliki dua gaya saat melakukan editing. Pertama, melakukan editing secara keseluruhan dan disesuaikan dengan skenario. Kedua, melakukan editing per video dan melakukan perubahan yang dibutuhkan, yang mungkin akan berubah dari skenario.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai videographer beserta tugas yang harus dikerjakan oleh seorang videografer. Semoga dapat memberi pengetahuan baru untuk Anda. Baca juga artikel bermanfaat lainnya mengenai berikut.