home Design Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Diketahui

Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Diketahui

Saat Anda membeli produk, misalnya makanan ringan, pernah tidak Anda bertanya, fungsi kemasan produk tersebut? Kemasan memang berfungsi untuk menjaga produk agar tetap terjaga dengan baik. Namun selain itu, ada banyak fungsi dari kemasan produk yang perlu Anda tahu yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai Tempat atau Wadah

Fungsi pertama dari kemasan adalah sebagai wadah. Kemasan memang digunakan untuk tempat agar produk tersebut aman hingga ke konsumen. Tanpa kemasan, produk seperti makanan akan rusak dan tidak bisa dikonsumsi kembali.

  • Melindungi dan Mengawetkan Produk

Kemasan juga berfungsi sebagai pelindung. Tanpa adanya kemasan, maka produk yang ada didalamnya akan cepat rusak sehingga tidak bisa digunakan.

Melindungi dari apa? Dari apa saja yang bisa merusak produk. Misalnya Anda membeli sabun. Jika sabun tersebut tidak dibungkus atau dilindungi, maka akan mudah kotor bahkan penyok. Alhasil, sabun yang sebelumnya digunakan untuk melindungi tubuh menjadi tidak higienis lagi.

Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Diketahui
Fungsi Kemasan Produk yang Perlu Diketahui
  • Identitas Produk

Dalam suatu kemasan produk, akan ada nama produk Anda. Adanya nama produk tersebut membuat orang lebih mudah mengenali produk yang Anda miliki. Jika semakin banyak orang yang tahu maka kemungkinan produk terjual juga akan semakin meningkat.

  • Sarana Komunikasi

Kemasan pada produk juga bisa berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi. Misalnya pada desain untuk kemasan ditulis kata-kata mutiara yang membuat Anda seakan berbicara dengan konsumen.

Sedangkan packaging sebagai sarana informasi bisa berupa komposisi atau yang berkaitan dengan cara pembuatan. Adanya cara pembuatan pada kemasan makanan akan membantu konsumen untuk mendapatkan cita rasa terbaik dari produk tersebut.

  • Meningkatkan Efisiensi

Fungsi kemasan produk ternyata juga untuk meningkatkan efisiensi terutama untuk penghitungan barang. Jika barangnya bisa dihitung, maka juga akan mempermudah Anda menghitung pengiriman barang, pemasukan, untung dan rugi.

Misalnya Anda menjual bakpia dan per harinya Anda memproduksi 1000 buah bakpia. Apakah Anda akan menghitung bakpia per buahnya untuk tahu sudah berapa banyak yang terjual? Tentu tidak karena hal tersebut akan sangat merepotkan.

Jika Anda menggunakan box dan diisi dengan 25 bakpia, Anda akan lebih mudah menghitung sisanya. Jika sisa 3 box maka artinya bakpia yang belum terjual adalah sebanyak 75 buah.

  • Mempermudah Pemasaran

Adanya kemasan produk seperti pada makanan tentu akan mempermudah dalam pemasaran. Jika tidak ada kemasan, maka produk Anda akan sama saja di depan konsumen.

Misalnya Anda menjual kopi, sedangkan saingan Anda juga menjual kopi. Jika dihadapkan di depan pembeli, konsumen akan susah untuk membedakan mana produk kopi milik Anda dan mana yang bukan.   

  • Memberikan Nilai Tambah

Nilai tambah disini bukan hanya pembeda namun juga estetika. Jika kemasan Anda menarik tentu akan membantu konsumen untuk mengenali produk Anda. Alhasil, penjualan juga akan semakin baik.

Itulah beberapa fungsi kemasan produk yang perlu untuk Anda ketahui. Jadi, mulai saat ini, pertimbangkan dengan baik ya desain kemasan dari produk Anda.