home Others Gunakan Teknik Dasar Penulisan Press Release Berikut

Gunakan Teknik Dasar Penulisan Press Release Berikut

Seorang praktisi humas (hubungan masyarakat) maupun bagian komunikasi perusahaan wajib memiliki kemampuan untuk menyusun naskah press release. Walaupun saat ini tugas tersebut sebagian besar diambil alih oleh sekretaris sebuah perusahaan ataupun pada praktisi hubungan investor. Semua yang membuat press release tentunya berharap agar naskah yang mereka kirim diterima oleh media massa. Dan menyusun naskah press release ini ternyata susah-susah gampang. Ya, dikatakan susah jika kamu tidak mengetahui tekniknya.

Setelah membaca paragraf diatas, mungkin ada yang belum mengetahui apa itu press release. Jadi press release ini adalah berita yang dibuat oleh sebuah organisasi ataupun perusahaan kepada masyarakat melalui media massa baik itu media cetak, media elektronik bahkan di zaman digital seperti saat ini melalui media online dengan tujuan tertentu. Tujuan press release bagi perusahaan adalah agar menaikkan branding dan untuk mendapatkan promosi, terkenal di mata masyarakat dan tentunya membentuk citra perusahaan. Contoh yang sering dilakukan oleh perusahaan adalah menerbitkan press release ketika mengadakan suatu acara atau event.

Lalu apa saja teknik dalam pembuatan press release ?

Cari Inti atau Pokok Informasi

Sebelum menulis press release, kamu harus menentukan inti informasi yang akan disampaikan. Kemudian buatlah tema yang akan memudahkan kamu membuat judul dan subjudul. Subjudul tersebut dapat kamu kembangkan untuk menggambarkan isi dari press release. Oiya, sebelumnya kamu juga dapat menambah wawasan tentang apa itu android studio.

Menggunakan Model Piramida Terbalik

Model piramida  terbalik akan menciptakan tulisan yang berkualitas. Pada bagian awal press release setelah judul dan subjudul, kamu dapat mengisinya dengan news lead. Kamu harus membuat paragraf yang dapat menyampaikan informasi secara keseluruhan. Dan di akhir, kamu dapat langsung membuat kesimpulan.

Menggunakan Format 5W1H

Unsur ini cukup menggambarkan garis besar informasi tersebut. Unsur 5W1H adalah what (apa), who (siapa), why (mengapa), when (kapan), where (di mana) dan how (bagaimana). Dalam penulisan press release, tidak ada urutan pasti mana yang lebih dulu ditulis. Kamu bisa menyesuaikan urutannya dan gunakan EYD jika kamu menulis dalam Bahasa Indonesia.

Menggunakan Ilustrasi Yang Sesuai

Ilustrasi penting untuk menambah daya tarik. Pilihlah ilustrasi yang dapat menyampaikan dan relevan dengan press release yang dibuat. Selain sebagai ilustrasi, gambar yang menarik juga akan menambah kedalaman informasi.

Melakukan Pengecekan Ulang

Sebelum konfirmasi dan pengiriman kepada media, kamu harus melakukan pengecekan ulang untuk menghindari tulisan dari salah ketik, baik itu kata maupun informasi lain seperti nama, tempat, atau waktu. Pengecekan dilakukan pada seluruh bagian press release. Setelah itu, kamu harus mendapatkan konfirmasi dan persetujuan dari atasan seperti top management. Selanjutnya kamu bisa langsung mengirim kepada media melalui email.

Umumnya media menerima kiriman press release kira-kira pada pukul 15.00 sampai17.00. Semakin cepat mengirim press release semakin besar kemungkinan mendapatkan pemberitaan yang tinggi. Dan jangan lupa menggunakan panduan dasar di atas ya. Tapi kamu juga bisa menentukan cara penulisan press release terbaik versi kamu.