home Others Pelajari Prinsip Cara Menulis Press Release Agar Diterima Media

Pelajari Prinsip Cara Menulis Press Release Agar Diterima Media

Bagi perusahaan, press release merupakan kunci penting bagi reputasi perusahaan. Press release dapat mempengaruhi citra masyarakat terhadap perusahaan. Umumnya perusahaan akan menerbitkan presss release secara berkala. Tetapi ada juga perusahaan yang menerbitkan press release jika perusahaan tersebut melakukan suatu kegiatan atau acara. Isi dari press release adalah mengenai berita terbaru dari perusahaan tersebut yang nantinya akan dipublikasikan kepada masyarakat sehingga khalayak ramai dapat mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan tersebut. Jadi, press release juga membuat perusahaan menjadi dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Dari manfaat tersebut, press release berperan penting bagi perusahaan. Tetapi sayangnya masih ada pebisnis atau perusahaan yang tidak menuliskan press release dengan baik. Sebelum menulis press release agar dapat menikmati hasilnya, ada baiknya menyimak beberapa prinsip dalam press release yang baik.

Relevan Dengan Pembaca

Umumnya setiap media telah memiliki audiens masing-masing. Target pembaca telah difokuskan pada masing-masing bidang. Ketika membuat press release, kamu sudah harus mengetahui kepada siapa press release tersebut ditujukan. Hal ini juga dapat membantu kamu dalam menentukan media mana yang akan dikirimi press release tersebut agar kamu tidak salah dalam memilih audiens dari media tersebut. Saat ini juga banyak press release yang dikirim melalui email blast ke berbagai media tanpa menyaring media mana yang paling relevan dengan bidang pada press release yang dibuat. Memang tidak ada yang salah, tetapi alangkah baiknya jika mengirimkan pesan personal saja.

Dapat Memberi Nilai Tambah

Anggapan bahwa press release dapat digunakan sebagai media promosi memang tidak salah karena memang begitulah tujuan kamu membuat press release. Tetapi kamu harus tetap berhati-hati dalam menggunakan bahasa agar press release yang kamu buat tidak monoton mengenai iklan atau hard selling. Karena press release bukan diciptakan sebagai sebuah slot iklan. Agar press release  dapat kembali pada fungsi awal sebagai berita, kamu bisa mengubah fokus penulisan menjadi manfaat yang dapat dirasakan oleh pembaca. Sebab berita yang bermanfaatlah yang akan diterbitkan oleh media.

Signifikan dan Unik

Konten sangat penting dalam penulisan press release. Berita yang berbeda dari berita yang sudah ada dapat menarik perhatian audiens. Berita yang dapat membuat orang lain penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentunya membuat berita tersebut lebih menonjol dibandingkan berita lainnya. Kamu dapat menulis dengan sudut pandang sebagai pembaca agar dapat mengetahui apa yang pembaca inginkan. Press release berupa acara besar, pendanaan, dan inovasi tentunya akan mendapat perhatian besar dari pembaca.

Prinsip-prinsip ini merupakan pola pikir pihak media ketika memilih berita. Jika sudah memahami prinsip-prinsip tersebut, maka dapat meningkatkan kemungkinan press release yang dibuat dapat dipublikasi oleh media dan dapat dibaca oleh masyarakat.