home Design Perhatikan Hal Ini Sebelum Buat Label Makanan Ringan Unik

Perhatikan Hal Ini Sebelum Buat Label Makanan Ringan Unik

Dalam membuat label makanan ringan unik tidak semudah yang Anda perkirakan. Ini karena label akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap produk yang Anda keluarkan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan hal berikut ini untuk membuat label yang tepat:

  • Nama Pangannya

Ada 2 jenis nama pangan yaitu jenis yang berkaitan dengan identitas makanan atau produk dan dagang yang berkaitan dengan tampilannya. Dalam hal ini tampilan berkaitan dengan susunan kata, gambar, angka, warna ataupun unsur lainnya yang membedakan antara produk Anda dengan produk yang lainnya.

  • Berat Bersih

Jangan lupa untuk mencantumkan berat bersih pada label makanan. Berat bersih ini adalah berat dari makanan yang ada di dalam kemasan tersebut. Jadi, kalau Anda mendapati berat kotor, itu artinya berat pangan yang ada di dalamnya dan berat kemasan.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Buat Label Makanan Ringan Unik
Perhatikan Hal Ini Sebelum Buat Label Makanan Ringan Unik
  • Nama serta Alamat Produsen

Jangan lupa untuk mencantumkan nama dan alamat produsennya. Kenapa? Agar konsumen tahu makanan ringan tersebut dibuat oleh siapa dan dimana.

Adanya nama dan alamat produsen juga akan mempengaruhi kepercayaan public atau konsumen Anda. Jika tidak ada 2 hal tersebut, konsumen akan bingung, apakah makanan tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi atau tidak.

  • Komposisi

Pada label snack, Anda tidak hanya harus memperhatikan logo namun juga komposisi yang dipergunakan. Komposisi haruslah lengkap dan terperinci dengan takaran yang lebih banyak terlebih dahulu.

Sama halnya seperti membuat logo di HP yang terlihat mudah, menuliskan komposisi tidak semudah itu. Jika Anda tidak memperhatikan penempatannya, maka label dari snack yang Anda miliki akan terlihat aneh dan tidak menarik.

  • Nomor Pendaftaran Pangan

Pastikan jika makanan yang Anda miliki ini sudah memiliki ijin resmi ya. Jangan sampai setelah dikeluarkan, makanan ringan Anda disita oleh BPOM karena dianggap tidak layak dan tidak memiliki izin.

BPOM sendiri akan mengeluarkan nomor pendaftaran dengan 12 digit angka sebagai tanda bahwa makanan Anda sudah terdaftar. Jika Anda memiliki nomor tersebut, jangan lupa untuk menuliskannya di label makanan ringan yang unik yang Anda miliki. Jangan lupa untuk mencantumkan izin dari DInas Kesehatan Kabupaten atau Kota ya.  

  • Kode Produksi

Kode produksi yang disematkan di label biasanya disertai dengan tanggal produksi. Adanya kode produksi pada label makanan ini menunjukkan riwayat atau keterangan bahwa produk Anda dibuat pada tanggal yang tertera. Dengan begitu, konsumen bisa melihat kapan makanan tersebut dibuat.

  • Kadaluarsa

Tidak hanya waktu produksi, Anda juga perlu mencantumkan waktu kadaluarsa produk. Dengan begitu, konsumen bisa mengkonsumsi makanan ringan tersebut di rentang batas aman yang dianjurkan.

Jangan lupa untuk mencantumkan pula cara penyimpanannya. Tujuannya agar produk Anda tidak mudah rusak dan berkurang kualitasnya walaupun belum memasuki waktu kadaluarsa.

Itulah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda hendak membuat label makanan ringan yang unik. Jangan lupa, tuliskan informasi yang lengkap agar konsumen Anda semakin percaya pada produk Anda ya.