home Others, website Tips Membuat Resume Lamaran Kerja

Tips Membuat Resume Lamaran Kerja

Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan tentu saja kenal dengan yang namanya resume. Saat ini resume menjadi salah salah satu syarat yang biasanya diminta oleh pihak perusahaan. Resume lamaran kerja menjadi salah satu yang sangat penting bagi HRD untuk mengetahui karir kalian. Hal inilah yang membuat tips membuat resume dibutuhkan.

Tips dan trik membuat resume lamaran kerja yang baik serta benar

Resume akan berbeda dengan CV dimana di dalam resume terdapat karir jangka panjang kalian. Pada bagian tersebut kalian harus menjelaskan karir ke depan yang diinginkan. Resume lamaran kerja harus dibuat dengan baik dan benar sehingga akan dilihat oleh HRD perusahaan. Inilah beberapa tips yang perlu kalian lakukan ketika membuat resume.

  1. Menyiapkan data pribadi

Resume hampir mirip dengan CV dimana di dalamnya terdapat informasi diri yang perlu kalian tulis dengan jelas. Sehingga, sebelum membuat resume lebih baik mempersiapkan data yang dibutuhkan. Setelah semua data yang dibutuhkan ada maka kalian bisa lanjut dengan menulis resume sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Isi resume harus sesuai dengan pekerjaan

Saat membuat resume harus disesuaikan dengan pekerjaan yang akan dipilih. Inilah yang membedakan antara resume dan CV dimana dalam resume kalian hanya mencantumkan informasi yang sesuai dengan pekerjaan kalian. Misalanya pada poin kemampuan kalian hanya perlu menuliskan sesuai dengan pekerjaan yang akan dipilih.

Baca juga : Cara membuat cerpen

  1. Pilih bahasa yang mudah dipahami

Bahasa yang digunakan dalam menulis resume harus mudah dipahami. Gunakan bahasa seefektif mungkin jangan berbelit-belit. Saat menggunakan bahasa yang mudah dipahami maka akan memudahkan HRD dalam mengenal personal kalian lebih dalam. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  1. Hindari desain resume yang berlebihan

Desain resume yang berlebihan akan memberikan kesan kurang baik bagi kalian. Saat mendesain resume cukup sederhana namun rapi saja. Tidak perlu menggunakan desain yang macam-macam karena desain seperti itu biasanya tidak sukai oleh HRD. Kalian bisa melihat contoh desain resume yang ada di internet.

  1. Padat dan jelas

Isi dari resume harus pada dan jelas serta semua informasi ditulis dengan pada serta efektif. Informasi tentang diri kalian ditulis dengan kalimat yang efektif, sederhana, dan mudah dimengerti. Resume yang menggunakan informasi berlebihan terkesan kurang bagus dan akan malas ketika membacanya.

Demikian, informasi mengenai tips membuat desain resume yang baik dan benar. Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan bisa langsung membuat resume lamaran kerja sesuai dengan yang telah dibahas. Adanya informasi tersebut semoga dapat membantu kalian yang kesulitan dalam membuat resume.