home Others Yuk Intip, Cara Membuat Artikel bagi Pemula

Yuk Intip, Cara Membuat Artikel bagi Pemula

Cara Membuat Artikel bagi Pemula. Seperti yang kita ketahui, artikel merupakan suatu tulisan dari seorang penulis yang berisikan opini dan fakta mendalam mengenai tema yang dibahas oleh penulis tersebut. Jika artikel disusun dengan baik, maka artikel akan mudah dipahami pembaca. Bukan hanya pembaca, artikel ternyata bermanfaat juga kepada penulisnya, karena kini penulis dapat menghasilkan uang dengan membuat artikel. Ini menjadi salah satu alasan bagi banyak orang sehingga mau berlomba membuat artikel .

Namun ternyata masih banyak orang tidak tahu bagaimana cara membuat artikel yang benar. Nah, karena itu disini kami akan memberi sedikit tips bagaimana cara membuat artikel dengan baik berikut ini, khususnya bagi orang yang belum pernah membuat artikel atau masih pemula. Yuk simak informasinya!

Ciri-ciri

Sebelum memulai membuat artikel, terlebih dulu Anda harus paham ciri-ciri yang membedakan artikel dengan teks biasa.

  1. Isi artikel didasarkan pada fakta

  2. Opini yang ditulis tetap berdasarkan fakta

  3. Ditulis dengan singkat, padat, dan jelas

  4. Penulisan menggunakan kata yang mudah dimengerti

  5. Ditulis secara sistematis, mulai dari pembuka hingga penutup

Cara membuat artikel

Setelah mengetahui ciri artikel, maka selanjutnya adalah membuat artikelnya.

  1. Tentukan tema

Tema merupakan inti dari artikel yang ingin Anda buat. Dengan adanya tema, Anda akan mengetahui tujuan dari penulisan artikel yang ingin dibuat. Selain itu, dengan adanya tema, Anda dapat mudah mencari bahan selanjutnya untuk membuat artikel. Penulis dapat menentukan temanya sendiri, seperti otomotif, pemanasan global, binatang, dan masih banyak lainnya. Kami menyarankan agar Anda mengambil tema yang saat ini sedang banyak dicari ataupun dibicarakan orang. Dengan begitu, artikel Anda akan diminati lebih banyak orang.

  1. Tentukan objek

Objek yang dimaksud adalah menentukan suatu contoh yang akan dibahas setelah Anda menentukan tema, misalnya Anda telah menentukan tema otomotif, maka sekarang carilah objek yang akan kita jadikan bahan kajian, seperti mobil – mobil untuk anak kuliah, atau pesawat terbang dan lain sebagainya.

  1. Tentukan judul

Setelah mendapatkan objek yang dikaji, selanjutnya adalah membuat judul. Hal ini sangat penting, karena beberapa orang akan tertarik pada artikel jika dilihat dari judulnya, jadi buatlah judul yang semenarik mungkin, dan membuat sang pembaca penasaran akan pembahasan dalam artikelnya. Semakin menarik judul yang Anda buat, maka akan semakin banyak orang yang mau membaca artikel Anda.

  1. Membuat isi

Setelah mendapatkan objek yang akan dikaji, selanjutnya marilah membuat isi artikel. Kajilah objek yang telah ditentukan, mulai saja dengan pertanyaan sederhana dengan pedoman 5W+1H. Ini akan memudahkan Anda dalam membuat isi artikel tersebut. Membuat isi juga tidak hanya bergantung dari pendapat si penulis, namun juga bisa dari beberapa sumber relevan yang sesuai dengan fakta, maupun sumber dari suatu penelitian yang telah dilakukan seseorang. Hal ini bertujuan, agar artikel yang Anda buat tidak menyebarkan informasi hoax karena hal tersebut bisa berujung pada sanksi.

  1. Membuat kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir dari suatu artikel. Biasanya kesimpulan dapat dibuat dalam satu paragraf saja, karena kesimpulan hanya berisi ringkasan keseluruhan dari isi artikel yang telah dibuat. Dengan adanya kesimpulan, pembaca akan semakin memahami isi keseluruhan artikel.

Nah, itu dia cara membuat artikel terutama bagi pemula. Yang terpenting dari suatu artikel adalah bagaimana informasi yang Anda sampaikan dapat bermanfaat bagi penerimanya. Sekian dari saya, sampai berjumpa lagi.